Loading…

READY TO ROCK?

Click the button below to start exploring our website and learn more about our awesome company
Start exploring

Pengertian Masalah Sosial Dan Contohnya Maupun Penyebabnya

Contoh: jumlah anggota DPR yag dibatasi hanya 500 orang, sehingga hanya 500 orang yang mendapat kesempatan untuk menaikan status sosialnya menjadi anggota DPR. Contoh: “A” memutuskan untuk tidak melanjutkan sekolahnya karena kedua orangtuanya tidak bisa membiayai, sehingga ia tidak memiliki kesempatan untuk meningkatkan status sosialnya. Jika dunia ini dibuat untuk memberikan setiap individu dengan sarana penghidupan dan instrumen untuk pertumbuhan dan kemajuan, sehingga setiap orang memiliki hak untuk menemukan di dunia apa yang diperlukan untuk dirinya sendiri. Cara untuk melakukan mobilitas sosial Secara umum, cara orang untuk dapat melakukan mobilitas sosial ke atas adalah sebagai berikut : • Perubahan standar hidup Contoh: Seorang pegawai rendahan, karena keberhasilan dan prestasinya diberikan kenaikan pangkat menjadi Menejer, sehingga tingkat pendapatannya naik. Sehingga, terjadi kenaikan status dari kakek-nenek menuju anak dan cucunya. Kenaikan paling banyak dicatat Maluku yakni 100 persen. Mobilitas berasal dari bahas Latin, yaitu mobilis yang memiliki makna dipindah atau banyak bergerak dari suatu tempat menuju tempat lainnya. Maka jika sebuah negara ingin menjadi negara yang maju dan modern harus memiliki kualitas sumber daya manusia yang berkualitas. Interaksi sosial antara individu, individu dengan kelompok, maupun atar kelompok dapat juga menjadi awal mula munculnya suatu masalah sosial didalam masyarakat.

Turunnya kedudukan. Kedudukan individu turun ke kedudukan yang derajatnya lebih rendah. Tidak terjadi perubahan dalam derajat kedudukan seseorang dalam mobilitas sosialnya. Mobilitas antargenerasi juga bisa dipahami sebagai perbedaan status yang dicapai seseorang yang telah memiliki keluarga sendiri dibandingkan dengan status sosial yang dimiliki orang tuanya. 5. Akulturasi Yaitu proses sosial yang timbul ketika seorang individu atau masyarakat bertemu suatu kebudayaan tertentu dengan unsur-unsur kebudayaan asing itu lambat laun diterima dan diolah ke dalam kebudayaan itu sendiri tanpa menyebabkan hilangnya kepribadian budaya tersebut. 4. Seorang karyawan berhenti dari perusahaan tempat dia bekerja karena diterima di perusahaan lain dengan posisi dan jabatan yang sama. Sebagai contoh, Burhan merupakan seorang presenter TV 01 yang pindah kerja ke TV 11 dan menempati posisi yang sama. Mobilitas sosial horizontal merupakan perpindahan status sosial seseorang maupun sekelompok orang pada lapisan sosial yang sama. Sebagai contoh, Yono dan Yoni adalah kakak adik yang bekerja pada instansi yang sama. Sebagai contoh kakek dan nenek bekerja sebagai petani, sedangkan anak serta cucunya ada yang menjadi seorang guru dan camat.

Yono bekerja sebagai kepala bagian, sedangkan Yoni sebagai karyawan biasa. Sebagai contoh dalam mobilitas vertikal climbing, Jamal seorang karyawan yang diangkat menjadi kepala bidang. • Diskriminasi Kelas dalam sistem kelas terbuka dapat menghalangi mobilitas ke atas. Mereka juga tidak memiliki aturan, bukan atas dasar kesadaran perasaan yang sama, dan juga mereka tidak mempunyai ikatan antara satu dengan lainnya. • Perubahan nama Contoh: Di kalangan masyarakat feodal Jawa, seseorang yang memiliki status sebagai orang kebanyakan mendapat sebutan “kang” di depan nama aslinya. Jika suatu masalah mendapat perhatian dan pembicaraan yang lebih dari satu orang, masalah tersebut adalah masalah sosial. Secara sosiologis, penyebab timbulnya problem tersebut karena dari salah satu lembaga kemasyarakatan tidak berfungsi dengan baik, lebih tepatnya lembaga kemasyarakatan yang bergerak dalam bidang ekonomi. Sedangkan menurut sosiologi asal Inggris, Anthony Giddens menyatakan bahwa mobilitas sosial menunjuk pada gerakan dari orang per orang dan kelompok-kelompok di antara kedudukan-kedudukan sosial ekonomi yang berbeda. Faktor ekonomi dapat membatasi mobilitas sosial. Sebuah kelompok pada dasarnya terbentuk tidak serta-merta begitu saja, pasti ada faktor yang jadi pendorong sehingga tiap-tiap pihak didalamnya punya niat yang kuat dan tujuan yang sama, sehingga memberikan inisiatif bagi mereka untuk membentuk sebuah komunitas.

Contoh: Pembentukan organisasi baru memungkinkan seseorang untuk menjadi ketua dari organisasi baru tersebut, sehingga status sosialnya naik. Karena memenuhi persyaratan, ia diangkat menjadi kepala sekolah. Kemiskinan adalah suatu keadaan dimana terjadi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan, pakaian , tempat berlindung, pendidikan, dan kesehatan. • Perubahan tingkah laku Contoh: agar penampilannya meyakinkan dan dianggap sebagai orang dari golongan lapisan kelas atas, ia selalu mengenakan pakaian yang bagus-bagus. Tujuan yang ada pasti diupayakan dengan cara apapun agar bisa terwujud dengan maksimal. Tentunya penerima bantuan ini ada syaratnya, yaitu termasuk kelompok keluarga miskin yang tercantum pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial, punya TV analog, berada dalam wilayah yang terdampak ASO, dan memiliki identitas pribadi (KTP). Dia tidak mungkin dapat pindah ke kasta yang lebih tinggi, meskipun ia memiliki kemampuan atau keahlian. Menjelang akhir buku The Elementary Forms, Durkheim memperluas pokok pikiran utamanya dengan mengemukakan bahwa tidak hanya pemikiran agama melainkan juga pengetahuan pada umumnya berlandaskan dari dasar sosialnya. Paul B. Horton seorang sosiologi kelahiran Australia menyatakan, bahwa mobilitas sosial merupakan suatu gerakan perpindahan dari satu kelas sosial ke kelas sosial lainnya atau gerak pindah dari strata yang satu ke strata yang lainnya.