Loading…

READY TO ROCK?

Click the button below to start exploring our website and learn more about our awesome company
Start exploring

Mengenal Media Sosial

Batam, Di era teknologi informasi yang terus berkembang, kehadiran media sosial semakin diperlukan, karena media sosial dapat menjadi sarana komunikasi dan informasi publik yang dapat menjangkau langsung dan cepat kepada semua pihak. Buku ini diharapkan dapat menjadi panduan praktis bagi para pengelola media sosial di lembaga pemerintahan khususnya pranata humas. Oleh karena itu, buku ini menjadi penting untuk mempelajari pengelolaan media sosial terutama bagi lembaga yang baru berkecimpung dalam pengelolaan media sosial. Media sosial telah menjadi bagian yang tak dapat terelakkan bagi para penggunanya (netizen). Media sosial dalam perannya saat ini, telah membangun sebuah kekuatan besar dalam membentuk pola perilaku dan berbagai bidang dalam kehidupan manusia. Jangan lupa mencantumkan sumber ketika membuat postingan, perhatikan soal hak cipta saat menyalin maupun menyebarkan tulisan, gambar atau video dari pihak/situs lain agar bisa dipertanggung jawabkan dan tidak ada tuntutan dikemudian hari. Namun, hierarki, kontrol, dan pengawasan tetap ada dalam bentuk yang lain dari pihak yang lain, yaitu relasi pertemanan, meskipun hal tersebut tidak dimaknai pengguna sebagai hilangnya ruang personal yang mereka inginkan. Anda tak perlu lagi khawatir akan jaringan dan konenksi internet yang tidak stabil di saat-saat genting.

Kelompok ini memiliki kesadaran akan kesamaan tersebut namun tidak memiliki hubungan sosial satu sama lain. Selain itu media sosial menghapus batasan-batasan manusia untuk bersosialisasi, batasan ruang maupun waktu, dengan media sosial ini manusia dimungkinkan untuk berkomunikasi satu sama lain dimanapun mereka berada dan kapan pun, tidak peduli seberapa jauh jarak mereka, dan tidak peduli siang atau pun malam. Pendidikan memiliki peran dalam memperluas peluang masyarakat memiliki kesempatan yang sama dalam hal mendapatkan pekerjaan, transmisi kebudayaan, mendapatkan peran sosial, dan menciptakan integrasi sosial (Malika, 2014). Orang yang mendapatkan pendidikan mengalami kemudahan dalam melakukan mobilitas dengan bekal ilmu yang didapatnya. Tak dapat dipungkiri bahwa dalam kemajuan teknologi informasi tidak lepas dari dampak positif dan negatif. Masyarakat pun diharapkan dapat selalu bijak dalam penggunaannya karena teknologi ini dapat dengan sangat cepat menyebarkan berita maupun informasi ke seluruh penjuru dunia. Sebelum mengunggah sesuatu, pastikan Anda tidak mencantumkan informasi mengenai data pribadi ataupun orang lain. Selalu cek kebenaran berita maupun info sebelum Anda kirimkan kepada orang lain agar tidak menyebarkan berita bohong atau hoaks. Nah, agar Anda tetap nyaman menggunakan media sosial, sebaiknya pilih figur atau jenis konten yang ingin diikuti dengan bijak, ya. Nah, agar Anda dan keluarga dapat merasakan manfaat dari penggunaan media sosial secara maksimal dan senantiasa waspada akan ancaman di dunia internet, pastikan memilih Telkomsel Orbit yang sudah menggunakan jaringan 4G Telkomsel berkualitas.

Apabila kita dapat memanfaatkan media sosial, banyak sekali manfaat yang kita dapat, baik sebagai media pemasaran, dagang, mencari koneksi, memeperluas pertemanan dan lain-lain. Apabila Anda ingin membagikan postingan melalui media sosial, pastikan konten tersebut tidak mengandung isu-isu sensitif ataupun SARA, ya. Melalui medsos bisa dengan mudah mengakses kabar terkini dari teman-teman yang sudah lama tidak bertemu. Tidak hanya itu, mereka yang lama hilang kontak dengan kita juga bisa ditemukan di akun LinkedIn, akun media sosial untuk memperluas jaringan profesional di dunia kerja. Masalah sosial merupakan suatu kondisi dimana masyarakat beserta dengan lingkungannya tidak berjalan sesuai dengan rencana. Dimana, anda dapat mengelola akun sesuai dengan kebutuhan bisnis yang anda jalankan. Media sosial menjadi ruang terbuka, yang bagi siapa saja dapat mengaksesnya. Kualitas pendidikan yang rendah juga menjadi contoh masalah sosial di lingkungan setempat dalam hal kependudukan. Tedy Tirta Kusuma selaku pemateri pertama mengatakan bahwa tujuan dari adanya sosialisasi ini adalah untuk meningkatkan produktifitas dan kualitas dari konten-konten media sosial di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM agar semakin dikenal dan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat. Belum lagi dengan adanya konten-konten yang merusak moral, seperti pornografi dan SARA serta berita bohong (HOAX).

Pembentukan suatu kelompok akan diawali dengan adanya kontak sosial dan komunikasi sosial yang akan menghasilkan proses sosial dalam interaksi sosial.Kata kontak berasal dari bahasa latin “con” yang artinya bersama dan “tango” yang artinya menyentuh. Di zaman yang serba canggih saat ini, penggunaan media sosial seolah-olah menjadi bagian hidup yang tak terpisahkan dari seseorang. Karena apa yang kita bagikan menjadi konsumsi banyak orang dari segala umur. 2. Pastikan postingan yang Anda bagikan tidak mengandung isu-isu sensitif. 3) Perbedaan rasial dan agama; dalam kaitan dengan status sosial, merupakan faktor penting bagi terciptanya sistem kelas tertutup atau kasta, yang tidak memungkinkan mobilitas vertikal, misalnya sistem kasta di India. Status terbaik di media sosial adalah update status yang informatif dan inspiratif. Secara umum, mobilitas sosial merupakan suatu gerak perpindahan seseorang atau sekelompok orang dari status sosial satu menuju status sosial lain. Album foto jadul kini sudah berganti model menjadi album foto di Facebook atau unggahan Instagram, lengkap dengan lokasi yang presisi. Seseorang yang asalnya ”kecil” bisa seketika menjadi besar dengan media sosial, begitu pun sebaiknya orang ”besar” dalam sedetik bisa menjadi ”kecil” dengan media sosial. Semakin banyak orang yang menggunakan media sosial, semakin banyak pula pilihan konten yang bisa diikuti. Sebagai ilmu yang mempelajari masyarakat dalam keseluruhannya dan hubungan-hubungan antara orang-orang dalam masyarakat tersebut, sosiologi memegang peranan penting dalam membantu memecahkan masalah-masalah sosial, seperti kemiskinan, konflik antarras, delinkuensi anak-anak, dan lain-lain.