Loading…

READY TO ROCK?

Click the button below to start exploring our website and learn more about our awesome company
Start exploring

Kelompok Sosial – Materi Sosiologi Kelas 11 SMA

Oleh karena itu masalah sosial tidak akan mungkin dibahas tanpa mempertimbangkan ukuran-ukuran masyarakat tentang apa yang dianggap baik dan apa yang dianggap buruk. Itulah diatas beberapa contoh tentang masalah sosial, sebenarnya masih banyak contoh yang lainnya. Sedangkan sistem kasta merupakan contoh faktor agama yang dapat menghambat terjadinya mobilitas sosial. Apabila antara unsur moral, politik, pendidikan, agama, kebiasaan dan ekonomi terjadi bentrokan, maka hubungan sosial akan ikut terganggu sehingga mungkin akan terjadi kegoyahan dalam kehidupan kelompok. Masalah sosial yang berlangsung efek dari faktor ekonomi umumnya yang berkomitmen merupakan tugas dari pemerintah. Masalah dalam ekonomi biasanya berupa masalah pengangguran, kemiskinan dan lain-lain. Pengangguran merupakan salah satu contoh dari permasalahan sosial saat ini, meningkatnya jumlah pengangguran biasanya disebabkan oleh jumlah penduduk yang semakin meningkat sedangkan jumlah lapangan kerja yang masih terbatas atau masih sedikit, hal seperti ini harus segera di atasi oleh pemerintah dengan cara menyediakan lapangan kerja yang banyak supaya dapat mengurangi jumlah pengangguran.

Contoh tersebut merupakan salah satu bentuk dari jenis media sosial kolaborasi. Diungkapkan oleh Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S.Psi., Psi., Psikolog Anak dan Remaja, ada salah satu penelitian yang membahas mengenai pengaruh media sosial pada kalangan remaja. Jadi pada dasarnya masalah sosial menyangkut nilai-nilai sosial dan moral. Masalah sosial teramat berhubungan dengan persepsi serta nilai-nilai yang terdapat di sebuah masyarakat. Menurut Mills dalam memberikan perbedaan antara masalah personal dengan masalah sosial atau keresahan umum, terdapat dimensi atau indikator yang menjadi ciri-ciri atau karakteristik masalah sosial. Selain itu menurut pendapatnya ahli ini bahwa tanpa 3 dimensi kriteria itu suatu masalah tidak dapat memenuhi kriteria sosial. Walau apapun program dan tindakan yang diambil, sokongan dan tanggungjawab bersama di kalangan ahli masyarakat amat perlu bagi menangani masalah ini. Adapun pengertian masalah sosial menurut para ahli ialah sebagai berikut:1. Menurut Rubington dan Weinberg “1989” bahwa pengertian yang dimaksud dengan masalah sosial ialah suatu kondisi yang dinyatakan tidak sesuai dengan nilai-nilai yang dianut oleh sebagian warga, yang sepakat bahwa suatu kegiatan bersama diperlukan untuk mengubah kondisi itu. Menurut Lesile “1974” bahwa pengertian masalah sosial ialah suatu kondisi yang mempunyai pengaruh terhadap kehidupan sebagian besar warga masyarakat sebagai sesuatu yang tidak diinginkan atau tidak disukai dan yang karenanya dirasakan perlunya untuk diatasi atau diperbaiki.

Contohnya ialah persatuan guru indonesia, ikatan dokter indonesia, dll. Contohnya penyebab masalah sosial berdasarkan individu adalah seseorang yang berkaca dari kemampuan pengendalian emosi yang lemah saat berkomunikasi dengan orang disekitarnya sehingga melakukan tindakan kekerasan. Contohnya adalah ketika seorang presiden atau raja yang telah memimpin selama puluhan tahun, kemudian tergantikan oleh orang lain. Pengertian mobilitas sosial dan mobilitas lainnya merupakan suatu gerakan atau perpindahan yang dapat menimbulkan perubahan dan sosial merupakan suatu hal yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat. Beberapa hal yang bisa dilakukan media sosial, antara lain membuat blog organisasi, mengintegrasikan berbagai lini di perusahaan, menyebarkan konten yang relevan sesuai target di masyarakat atau memanfaatkan media sosial sesuai kepentingan visi, misi tujuan efisiensi dan efektifitas operasional organisasi. Dengan mengetahui berbagai masalah yang terjadi di masa remaja diharapkan kamu sebagai remaja atau orang tua lebih waspada sehingga semakin mudah untuk mengcegahnya. Di sisi lain, menurut Shaw, interaksi sosial adalah pertukaran interpersonal di mana setiap orang menunjukkan tindakannya di depannya dan setiap tindakan mempengaruhi yang lain. Pengangguran juga termasuk ke dalam masalah sosial yang sangat besar di Indonesia. Padahal, mendapatkan nila rendah bukan berarti tidak berpendidikan atau kurang berbakat, karena ada hal lain yang bisa membuktikan kemampuan seseorang.

Pembelajaran IPS di tingkat sekolah pada dasarnya bertujuan untuk mempersiapkan para siswa sebagai warga negara yang mempunyai pengetahuan (knowlodge), keterampilan (skill), sikap dan nilai (attitudes and values) yang dapat dijadikan sebagai kemampuan untuk memecahkan masalah pribadi atau masalah sosial dan kemampuan mengambil keputusan serta berpartisipasi dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan agar menjadi warga negara yang baik dan mencintai serta bangga akan budaya sendiri sebagai jatidirinya. Beberapa masalah sosial yang dipengaruhi oleh tingginya pengangguran diantaranya kemiskinan, penyalahgunaan narkoba, kriminalitas, pergaulan bebas, premanisme, jual beli manusia ( human trafficking ), dan lain sebagainya. Secara umum, masalah lingkungan dapat diartikan sebagai masalah yang terjadi di lingkungan manusia. Hal ini didasari atas tidak semua masalah dalam kehidupan manusia merupakan masalah sosial. Secara garis besar, permasalahan sosial adalah adanya ketidaksesuaian antara harapan (berupa terwujudnya nilai-nilai yang dijunjung masyarakat) dengan kenyataan yang terjadi. Masalah sosial (problema sosial) merupakan permasalahan-permasalahan yang muncul dalam masyarakat, bersifat sosial dan berhubungan erat dengan nilai-nilai sosial dan lembaga-lembaga kemasyarakatan. Namun cara mengatasi masalah sosial tersebut mendapatkan beberapa hambatan seperti : – Pemberian bantuan pemerintah yang tidak tepat sasaran. Cara mengatasi masalah sosial di lingkungan setempat harus disertai peran serta dari masyarakat dan pemerintah.