Loading…

READY TO ROCK?

Click the button below to start exploring our website and learn more about our awesome company
Start exploring

Budiningsih, Asri. (2022). Belajar Dan Pembelajaran

Kurang gizi juga merupakan masalah sosial yang disebabkan oleh faktor ini. Konflik- konflik horisontal yang pernah terjadi di Indonesia, apakah yang berlandaskan sentiment suku, agama, penduduk asli dan pendatang lebih disebabkan karena masalah kesenjangan ekonomi. Banyak contoh kasus konflik horisontal yang pernah terjadi di Indonesia sebenarnya yang menjadi akar permasalahannya adalah adanya kesenjangan sosial yang berimplikasi menimbun kecemburuan sosial.Kesenjangan sosial ini lebih pada permasalahan sosial ekonomi. Yang pertama adalah kelompok sosial primer dan sekunder. Keluarga merupakan tempat sosialisasi yang pertama dan utama bagi seorang anak, dan satu-satunya media sosialisasi primer. Media sosial dapat dipahami sebagai suatu platform digital yang menyediakan fasilitas untuk melakukan aktivitas sosial bagi setiap penggunanya. Status sosial Joni yang tadinya seorang siswa akhirnya turun menjadi anak putus sekolah. Istilah mobilitas sosial secara umum dipahami sebagai pergerakan individu-individu dalam masyarakat untuk naik ke level sosial-ekonomi ke atas atau turun ke bawah. Karena ada beberapa ciri yang bertolak belakang dengan ciri kelompok secara umum yaitu ciri tidak adanya komunikasi secara terus menerus dan tidak adanya kesadaran untuk berkelompok maka ada perdebatan tentang keberadaan kelompok statistik sebagai kelompok sosial. Secara umum penduduk adalah masyarakat yang tinggal atau mendiami suatu wilayah tertentu.

Salah satu tanggung jawab utama negara adalah meningkatkan kesejahteraan penduduk serta mengambil langkah-langkah pencegahan terhadap gangguan memperoleh kesejahteraan. Jadi kedekatan dapat meningkatkan peluang untuk saling berinteraksi lalu dapat memungkinkan terbentuknya kelompok sosial. Sebagai contoh adalah faktor struktur, pada saat negara Indonesia mengalami krisis ekonomi maka banyak perusahaan mengalami gulung tikar, terjadi stagnasi ekonomi dan penurunan produktivitas, serta penurunan tingkat pertumbuhan ekonomi, kondisi krisis yang dialami negara kita ini cenderung akan meningkatkan jumlah orang yang harus kehilangan status sosial. Sebab persaingan itu terbuka maka status elite tertentu mungkin saja akan dapat diraih seseorang. Retaknya hubungan sosial, bahkan mungkin dendam berkepanjangan yang sulit dihentikan. Contoh kenakalan remaja, konflik antarsuku, diskriminasi, gender, pernikahan dini, dan bahkan pengakuan hak milik kebudayaan lintas negara. Contohnya, saat pedagang yang menjadi contoh diatas, tidak lagi terpilih saat pemilu lima tahun berikutnya maka ia akan berpindah posisi sosial menjadi masyarakat biasa. Maka dari itu untuk mencegah terjadinya pelecehan seksual di media sosial, kita harus berhati-hati dalam berkomentar melalui media sosial, karena apa yang ada dimedia sosial bersifat publik atau bisa dilihat orang banyak, Marilah kita manfaatkan media sosial ke arah hal yang positif dan semestinya menggunakan sosial media dengan benar dan jadikanlah media sosial tidak menjadi tempat rawan terjadinya pelecehan seksual.

Akan tetapi dilain pihak individu tidak akan dapat mempertahankan dirinya sendiri, maka kemudian bergaul, bergabung, atau membentuk kelompok sosial. Kemudian berkembang memunculkan masalahmasalah lain seperti kemiskinan, kesehatan, pendidikan dan masalah lain yang umumnya timbul akibat masalah perkembangan penduduk yang tidak seimbang. Faktor ini erat hubungannya dengan gonjangan jiwa serta fisiran setiap manusia yang tidak bisa seimbang dengan alam sadarnya, kondisi ini akan berkibat pada kegilaan serta ketidaknormalan dalam menjadi kehidupan. Daerah-daerah terpencil di Indonesia bahkan sulit mengimbangi pembangunan pad daerah yang maju, kondisi ini tentsuaja berakibat pada kehidupan masyarakat untuk melakukan trasmigrasi, urbanisasi, dan mobilitas penduduk lainnya. Mereka meyakini kekuasaan merupakan kendaraan mobilitas sosial. Keyakinan dan kepercayaan yang bisa menjadi persoalan terhadap jiwa dan harta mereka. Keyakinan terhadap agama dan negara yang lemah. Ciri khusus kota yaitu masyarakatnya yang bersifat heterogen baik dari segi pekerjaan, tingkat pendidikan,latar belakang budaya, dan agama. Pengertian patembayan adalah ikatan lahir yang bersifat pokok dalam jangka waktu yang pendek.

Kesenjangan sosial adalah suatu keadaan ketidakseimbangan sosial yang ada dalam masyarakat yang menjadikan suatu perbedaan yang sangat mencolok. Dalam sosiologi penduduk merupakan kumpulan manusia yang menempati wilayah geografi dan ruang tertentu. Prihal ini tentusaja menjadi bagian daripada contoh sikap eksklusivisme yang berdampak pada melemahnya beragam sektor, termasuk ekonomi yang sempat terpuruk. Banyak contoh tokoh Indonesia yang berasal dari keluarga miskin. Dari pembentukan kata, mobilitas dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan sebagai gerakan berpindah-pindah atau kesiapsiagaan untuk bergerak. Oleh karena itu keluarga memiliki peran yang sangat penting bagi pertumbuhan dan pembentukan kepribadian anak. Peperangan mengakibatkan disorganisasi sosial dalam berbagai aspek kemasyarakatan, baik bagi negara yang ke luar sebagai pemenang, apalagi bagi negara yang kalah. Penduduk suatu Negara, pada hakikatnya merupakan sumber yang sangat penting bagi pembangunan, sebab penduduk merupakan subyek sertaobyek pembangunan. Selain faktor ekonomis, seringkalipula yang menjadi latar belakang adanya sumber masalah sosial adalah faktor biologis seseorang, yang terjadi karena lingkungan tidak sehat sehingga menjadikan dia sebagai individu yang terjangkit dalam penyakit menular. Dampak dari ‘kebersamaan’ tersebut adalah para sumber dan penerima dalam komunikasi bermedia sosial telah menciptakan sebuah media menjadi ‘media sosial’ atau mengubah ‘media sosial’ menjadi ‘lebih sosial’.