Loading…

READY TO ROCK?

Click the button below to start exploring our website and learn more about our awesome company
Start exploring

Bentuk Mobilitas Sosial Dan Contohnya

4. Horton & Hunt: mobilitas sosial merupakan tindakan berpindah dari satu kelas sosial ke kelas sosial lainnya. Sosiolog Amerika kelahiran Rusia dan aktivis politik Pitirim Sorokin pertama kali memperkenalkan konsep mobilitas sosial dalam bukunya “Social and Cultural Mobility.” Dia menyatakan bahwa tidak ada masyarakat yang benar-benar terbuka (seperti sistem kelas) dan tidak ada masyarakat yang benar-benar tertutup (seperti sistem kasta di India). Ketika ditanya mengenai wilayah mana yang kemungkinan akan mendapat penghapusan PPKM sebelum bulan Agustus, dr Pandu menyatakan bahwa hal tersebut tidak bisa langsung diprediksi karena wilayah itu harus diawasi terlebih dulu melalui beberapa parameter seperti kenaikan kasus, kematian kasus dan tingkat vaksinasinya sebelum PPKM di wilayah itu resmi dicabut. Karena perpindahan yang terjadi pada mobilitas horizontal ini tidak mengubah derajat atau strata sosial seseorang, maka tidak akan banyak yang berubah dari kehidupan sebelumnya. Tidak banyak yang berubah tentang status sosial mereka. Sehingga, secara harfiah, pengertian dari kata mobilitas sosial yaitu sebagai suatu gerakan yang terjadi disebabkan berpindahnya maupun berubah posisi dari seseorangataupun sekelompok orang pada waktu yang berbeda-beda. Pesan itu juga mengatakan bahwa siapa saja bisa membuat konten remix dengan Reels yang diunggah pengguna jika akun mereka bersifat publik.

Intinya mobilitas adalah suatu perubahan yang terjadi, baik itu secara Sengaja maupun tidak sengaja dilakukan. Langkah hemat selanjutnya adalah patungan. Pada agama Islam misalnya memperingatkan bahwa semua manusia di bumi ini adalah sama di mata Allah SWT kecuali proporsi ketakwaannya. Pada dasarnya semua faktor penentu mobilitas naik adalah juga sebagai faktor penentu mobilitas menurun. Bahkan boleh dibilang semua orang menginginkannya. Demikian halnya mobilitas geografis akan mempengaruhi terha­dap mobilitas sosial yang dimbing maupun sinking, bahkan sekaligus mempengaruhi mobilitas mental atau psikis dari individu maupun masyarakat. Orang miskin dapat mengalami mobilitas sosial setinggi-tingginya, bahkan menjadi presiden. Anak orang kaya mudah untuk memperoleh modal usaha dibandingkan anak orang miskin. Untuk sewa mobil selama sembilan hari, dia harus membayar total 51.000 euro atau sekitar Rp 796 jutaan jika dirupiahkan. 8. Keluarga yang tadinya hanya memiliki sepeda motor untuk pergi kemana-mana akhirnya membeli mobil agar lebih nyaman dalam berkendara. Status sosial Tuti yang tadinya merupakan gadis desa yang kurang mampu terangkat sejak menikahi suaminya yang memiliki status sosial lebih tinggi. Daripada menjadi anggota TNI seperti ayahnya, Didi lebih memilih untuk menjadi seorang dosen di sebuah perguruan tinggi negeri yang berada pada lapisan menengah juga.

Dengan kata lain, dampak dari mobilitas yang terjadi dirasakan oleh dirinya sendiri saja. Jangankan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, membaca saja sebagian besar rakyat Indonesia tidak bisa. Sebagai contoh, Presiden Republik Indonesia pertama Ir Sukarno. Contoh, seorang pegawai diturunkan pangkatnya karena melanggar aturan sehingga ia menjadi pegawai biasa. Gerakan ini memungkinkan seorang individu mengalami kenaikan status yang tidak sederajat dengan status sebelumnya sehingga ada banyak hal yang harus disesuaikan dengan kehidupannya sebelumnya. Social climbing adalah mobilitas yang terjadi karena adanya peningkatan status atau kedudukan seseorang atau naiknya orang-orang berstatus sosial rendah ke status sosial yang lebih tinggi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), disintegrasi adalah keadaan yang tidak bersatu padu. Dalam memperoleh pendidikan, masyarakat Indonesia disediakan sekolah yang kualitasnya berbeda dengan sekolah-sekolah untuk orang-orang Eropa. Mobilitas naik adalah perubahan status sosial individu ke posisi yang lebih atas. Ini adalah ketika seseorang berpindah dari posisi yang lebih rendah dalam masyarakat ke posisi yang lebih tinggi.

Pergeseran-pergeseran tersebut tidak menurunkan atau menaikkan posisi yang bersangkutan, tetapi bukan berarti tidak mengalami kesulitan dalam menjalankan tugasnya. Asumsi yang melatarbelakangi pemikiran tersebut adalah bahwa adanya sistem kelas terbuka, ditandai dengan dibukanya sekolah-sekolah umum, sehingga akan berpeluang bagi masyarakat untuk melakukan mobilitas sosial vertikal. Maksud dari generasi yang sama adalah perpindahan status tersebut terjadi pada dirinya sendiri, bukan atas pencapaian anak atau anggota keluarganya. Beberapa lapisan bisa menjadi penyebab adanya benturan, seperti konflik antar kelas, antar kelompok, ataupun antar generasi. Jenis dan bentuk mobilitas sosial antargenerasi ini artinya adanya perpindahan atau perubahan status yang terjadi pada individu dan kelompok dalam dua generasi atau lebih yang berbeda, sehingga melahirkan kata sifat sebagai penyesuaian atas perbedaan namun masih dalam status yang sama. Berbagai bentuk mobilitas sosial yang dipaparkan di bawah ini dapat dikonfirmasi atau dikonfrontasi dengan fenomena sosial lain di sekitar kita. Jika kita hubugkan dengan pendapatan atau gaji seseorang, maka perubahan kedudukan secara horizontal tidak dapat memengaruhi tingkat imbalan orang yang bersangkutan. Dengan demikian, tiap individu atau kelompok sosial yang berhasil atau gagal dalam usaha melakukan mobilitas sosial ke atas sama-sama ikhlas menerima kenyataan. Namun, tidak ada yang bisa menjamin terjadinya mobilitas sosial vertikal ke atas.