Loading…

READY TO ROCK?

Click the button below to start exploring our website and learn more about our awesome company
Start exploring

Bentuk Dan Contoh Mobilitas Sosial

5. Akulturasi Yaitu proses sosial yang timbul ketika seorang individu atau masyarakat bertemu suatu kebudayaan tertentu dengan unsur-unsur kebudayaan asing itu lambat laun diterima dan diolah ke dalam kebudayaan itu sendiri tanpa menyebabkan hilangnya kepribadian budaya tersebut. Misalnya, ada seorang guru honorer yang diterima CPNS. Misalnya, seseorang yang mengalami perubahan kedudukan status sosial baik dari yang lebih rendah ke yang lebih tinggi, maupun sebaliknya. Oleh karena itu kajian utama dari perubahan sosial mestinya juga menyangkut keseluruhan aspek kehidupan masyarakat atau harus meliputi semua fenomena sosial yang menjadi kajian sosiologi. Dua orang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang relatif setara belum tentu menjadi berhasil dalam melaksanakan mobilitas sosial ke atas. Melalui kenaikan pangkat, seseorang dapat melakukan mobilitas sosial vertikal naik ke atas. Artinya, mobilitas sosial tidak dapat dilakukan sebebas-bebasnya, sedikit banyak pasti ada hambatan- hambatannya, terutama untuk mobilitas sosial vertikal naik. Pengaruh yang cukup signifikan terlihat dari meningkatnya proses mobilitas sosial kaum perempuan, terutama di daerah pedesaan, baik di bidang pendidikan maupun pekerjaan. Bisa berpindah dari tingkat yang lebih tinggi (social climbing) atau bahkan turun ke tingkat yang lebih rendah (social sinking). Jawaban dari pertanyaan mengapa faktor ekonomi menjadi penghambat mobilitas sosial adalah karena ekonomi di suatu negara bisa naik dan turun.

1. Horizontal, yaitu peralihan individu atau obyek-obyek sosial dari suatu kelompok sosial ke kelompok sosial lainnya yang sederajat. Dalam mobilitas horizontal, perpindahan status sosial yang dialami seseorang atau kelompok tidak akan mengubah derajat sosialnya atau akan tetap sejajar seperti sebelumnya. Saat terjadi mobilitas sosial, orang-orang akan berusaha untuk mencapai posisi sosial yang mereka inginkan. Guna menggapai tujuan itu, para pemuaka agama bekerja keras dalam hal menaikkan kedudukan orang-orang dari lapisan yang rendah di dalam lingkungan masyarakat. ✓ Setiap perjuangan diawali dari ketidakpuasan. Kamera mumpuni tidak hanya mampu memberikan kemudahan kepada setiap orang dalam berkreatifitas melalui sejumlah konten saja. Pramugari lain pun mencoba untuk memberikan solusi. Kondisi ekonomi masyarakat. Cukup baiknya kondisi ekonomi masyarakat akan memberikan peluang yang besar terhadap laju mobilitas sosial vertikal karena sifatnya yang kumulatif. Penduduk yang sebagian besar berpendidikan rendah, kemudian berpendidikan tinggi akan berpengaruh terhadap gaya hidup dan mata pencaharian mereka. Mobilitas pertukaran (exchange mobility) terjadi ketika sejumlah besar besar masyarakat naik dan turun tangga kelas sosial secara seimbang, proporsi kelas- kelas sosial tetap sama. 5. Siswa SMA tahun pertama tidak naik kelas dan memutuskan untuk mengulang tahun pertamanya di SMA lain dengan cara pindah sekolah.

Nah pada saat kita membutuhkan orang lain inilah terjadilah proses interaksi sosial. Sejak di dalam kandungan kita sudah membutuhkan orang lain, misalnya diperiksakan ke dokter atau bidan. Adakah diantara kita yang tidak membutuhkan orang lain? Contoh mobilitas vertikal turun adalah seseorang yang udah kerja, namun karena masalah satu dan lain hal, sehingga ia di-PHK dan menjadi pengangguran. Di sisi lain ada sekitar satu juta orang yang tergeser kelas sosialnya akibat kegagalan pengembangan perusahaan atau terkena pemutusan hubungan kerja. Arca Dwarapala merupakan salah satu peninggalan Kerajaan Singasari yang masih kokoh berdiri. Saat ini, arca Dwarapala yang berada di utara menghadap ke timur. Begitu juga dengan seorang karyawan yang tidak selamanya berada dalam posisi yang sama, Ia pasti akan berusaha untuk naik ke kedudukan yang lebih tinggi. Biasanya, pejabat politik maupun penguasa industri berada di lapisan teratas. 1. Mobilitas vertikal tentu terjadi di masyarakat menganut sistem suatu lapisan sosial yang terbuka ataupun sistem lapisan sosial tertutup.

Orang kecil dapat mengalami mobilitas sosial setinggi-tingginya. Jika situasi ekonomi dalam masyarakat cenderung baik maka mobilitas sosial pun dapat terwujud. 3. Kondisi politik serta ekonomi kalangan masyarakat bersangkutan berpengaruh laju mobilitas secara vertikal. 5. Beragam faktor, baik sosio-kultural, ekonomi bahkan politik, cenderung memiliki pengaruh yang berbeda terhadap laju mobilitas sosial dalam masyarakat maupun negara. Di gelaran KTT tahun ini, Pulau Bali akan jadi tuan rumah yang mengundang belasan negara anggota. Begitu pula halnya dengan seorang karyawan yang tidak ingin selamanya menempati kedudukan sama, Ia akan berusaha untuk naik ke kedudukan yang lebih tinggi. Contoh, seorang karyawan melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi dan rela mengikuti kursus untuk meningkatkan peluang karier dan posisinya. Contohnya: ibu bekerja sebagai karyawan sementara anaknya memilih menjadi ibu rumah tangga. Contohnya adalah anak petani yang berasal dari keluarga miskin, tapi menjadi pengusaha sukses. Social sinking atau gerak mobilitas sosial ke bawah, yakni perubahan kedudukan sosial dari kedudukan tinggi ke yang lebih rendah. Alokasi Waktu : 2 x 40′ atau 2 jampel. Jika ditempuh menggunakan kendaraan bermotor akan memakan waktu selama 1 jam 30 menit.